Langsung ke konten utama

5 Desainer Fashion Indonesia yang Sudah Mendunia

Fashion merupakan salah satu bidang industri kreatif yang memiliki potensi tinggi di Tanah Air. Buktinya, tak sedikit perancang busana atau fashion desainer Indonesia yang sudah berhasil menorehkan prestasi di kancah dunia. Selain itu, tak sedikit para perancang busana tersebut juga ikut serta dalam pagelaran busana atau Fashion Week di berbagai negara.
5-desainer-fashion-indonesia-yang-sudah-mendunia

Barli Asmara salah satunya. Karya dari pria kelahiran Bandung, 3 Maret 1978 itu diketahui telah berhasil dipamerkan dalam pagelaran New York Fashion Week. Dalam pagelaran busana kelas dunia itu, Barli Asmara menampilkan 12 koleksi yang dihadirkan dalam berbagai desain.
Lalu, siapa lagi perancang busana Indonesia yang sudah menorehkan karyanya di kancah dunia? Berikut ulasannya.

Tex Saverio

Nama Tex Saverio memang kurang terdengar akrab di luar pecinta fashion Indonesia. Namun, nama pria 33 tahun itu mulai menjadi perbincangan sejak karyanya dikenakan oleh penyanyi asal Amerika, Lady Gaga pada saat membintangi iklan parfumenya, Lady Gaga Fame. Seolah jatuh hati dengan karya milik pria kelahiran Jakarta itu, wanita yang dijuluki Mama Monster ini kembali memilih baju rancangan Tex dalam sebuah pemotretan majalah Harper’s Bazaar di tahun 2011 silam.

Tak sampai disitu, karya milik Tex Saverio juga pernah digunakan aktris Hollywood Jennifer Lawrence dalam poster film The Hunger Games: Catching Fire. Selain itu, beberapa selebritas seperti Kim Kardashian serta Ayumi Hamasaki dalam video klip How Beautiful You Are.

Didiet Maulana

Perancang busana Indonesia lain yang sudah berhasil menorehkan prestasi di kancah dunia adalah Didiet Maulana. Salah satu kiprahnya di dunia adalah dengan berkolaborasi bersama brand tas ternama Tumi menciptakan sebuah karya tas untuk para pemenang Grammy Awards. Hal ini tentu saja menjadi sorotan banyak orang di dunia, maklum rancangan milik anak politikus Prabowo Soebianto ini memang sangat kental dengan budaya Indonesia, yaitu kain Tenun.

Ya, sejak pertama kali mengeluarkan rancangannya, Didiet Maulana menggunakan bahan Tenun Ikat sesuai yang juga dijadikan sebagai merek dagang rancangannya, Ikat by Didiet Maulana. Memilih kain khas Indonesia itu bukanlah tanpa alasan. Pria 40 tahun yang merupakan sarjana Arsitektur itu mengungkap bahwa motif yang geometrikal dan struktur yang kuat mengingatkan dirinya dengan bagunan arsitektur yang menyatukan keindahan dalam sebuah struktrur.

Rinaldy A. Yunardi

Nama Rinaldy A. Yunardi memang sudah tak asing dikalangan para pecinta fashion di Indonesia. Pasalnya, pria asal Medan, Sumatra Utara itu telah memulai kariernya sebagai seorang desainer aksesoris sejak 1996 silam. Beberapa karyanya juga telah digunakan oleh banyak selebritas ternama di Indonesia. Ternyata, karya aksesori yang unik milik pria asal Medan tersebut juga berhasil menarik perhatian dunia, sebut saja Paris Hilton, Mariah Carey dan Nicky Minaj pernah menggunakan aksesoris yang dirancangnya.

Selain itu, karya sepatu milik Rinaldy diketahui pernah digunakan oleh Katy Perry dalam video klipnya yang bertajuk, Chained to the Rhytm. Tak sampai disitu, penyanyi asal Amerika lainnya, Taylor Swift juga pernag menggunakan sarung tangan rancangannya dalam video klipnya bertajuk, Ready for It. Dan, belum lama ini karya milik pria 47 tahun itu telah terpilih untuk mempromosikan film Hollywood, The Great Showman.

Peggy Hartanto

Dunia fashion nampaknya sudah memikat hati seorang Peggy Hartanto. Buktinya, usai lulus dari bangku SMA wanita asal Surabaya itu, rela terbang ke Australia untuk melanjutkan sekolah di bidang fashion desain. Dirinya mengaku sengaja memilih benua Kangguru itu untuk mengasah ilmu sebagai perancang busana lantaran lokasi yang cukup dekat dengan Indonesia. Selain itu, budaya yang ada di Australia juga menurut Peggy sangat beragam. Maklum, di negara ini memang banyak sekali pendatang dari berbagai negara.

Perjuangannya sejak masih di usia muda itu pun nampaknya tak sia-sia. Pasalnya, rancangan milik Peggy berhasil menarik perhatian para selebritas dunia. Sebut saja, aktris Anne Heche, Judy Reyes, dan pembawa acara terkenal, Giuliana Rancic sudah pernah menggunakan busana rancangannya dalam berbagai kesempatan.

Dian Pelangi

Jika dibandingkan dengan desainer Indonesia yang sudah berhasil mendunia, nama Dian Pelangi memang terbilang cukup baru. Wanita 27 tahun ini memang baru memulai kariernya sebagai seorang perancang busana pada 2009 dengan mendirikan sebuah butik yang sama dengan namanya, Dian Pelangi Butik.

Walaupun masih terbilang baru, perancang busana yang fokus terhadap pakaian muslimah ini sudah berhasil menorehkan prestasi di kancah dunia. Bersama dengan dua desainer jebolan London College of Fashion, Odette Steele dan Nelly Rose Stewart, wanita asal Palembang itu tampil menjadi salah satu desainer Indonesia di London Fashion Week 2016. Tak sampai disitu, belum lama ini Dian Pelangi juga diketahui sempat memamerkan karyanya dalam pagelaran Paris Fashion Week.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berani Bermimpi

Chelsea Islan Bekerja Sama dengan WVI dan JNE Bantu Pendidikan Anak Papua Melalui Distribusi Buku dan Perlengkapan Sekolah Lewat kampanye #BeraniMimpi yang diadakan oleh Wahana Visi Indonesia (WVI), yayasan kemanusiaan Kristen yang bekerja untuk membawa perubahan berkelanjutan pada kehidupan anak, keluarga dan masyarakat yang hidup dalam keterbatasan tanpa membedakan latar belakang agama, ras, suku dan jender, bersama aktris Chelsea Islan turut serta mendukung kemajuan pendidikan anak Papua.

Dalam kampanye #BeraniMimpi ini, Chelsea Islan didaulat menjadi ambasador sejak bulan Juni 2017 lewat pembangunan ‘Honai Belajar Anak’ di Desa Sapalek, Kabupaten Jayawijaya, Papua. ‘Honai Belajar Anak’ difungsikan sebagai rumah belajar bagi anak-anak di pedalaman Papua untuk belajar bersama dan juga perpustakaan bagi mereka untuk memperoleh lebih banyak pengetahuan dengan membaca. Sebelumnya, anak-anak di Desa Sapalek hanya bisa belajar pada hari Sabtu di ruangan kantor desa karena tidak ada ruanga…
Tidak ada manusia yang sempurna, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun, yang membuat manusia “sempurna” adalah bagaimana mereka dapat memaksimalkan kelebihan masing-masing, dan bagaimana mereka memahami serta menerima kekurangan mereka, sehingga mereka dapat mengelolanya dengan baik. Berikut ini adalah beberapa wanita yang terlahir dengan berbagai keunikan, namun mereka tidak membiarkan keunikan tersebut mengganggu kehidupan mereka.

1.Winnie Harlow Model 23 tahun yang berasal dari Kanada ini menderita suatu penyakit yang dikenal dengan vitiligo, yaitu hilangnya warna atau pigmen kulit pada bagian tubuh tertentu. Masa kecil Harlow dipenuhi dengan ejekan dan bulian dari teman-temannya, namun hal ini tidak membuatnya patah semangat dalam mengejar cita-citanya sebagai model. Winnie Harlow yang juga dikenal dengan nama Chantelle-Brown Young sempat menjadi kontestan dalam seri America’s Next Top Model ke-21, ia kini menjalani hidupnya sebagai model profesional, aktivis, da…