PEMBERANTASAN BUTA AKSARA DI INDONESIA

UNESCO (united nations educatonal, scientific, and cultural Organiastion) dalam pemberantasan buta aksara (Iliterate) di Indonesia.  ...




UNESCO (united nations educatonal, scientific, and cultural Organiastion) dalam pemberantasan buta aksara (Iliterate) di Indonesia. Buta aksara adalah ketidak kemampuanuntuk membaca, menulis dan berhitung untuk fungsi efektif dan pengembangan individu dalam masyarakat. Menurut definisi UNESCO adalah : literacy is the ability to use reading, writing and numeracy skills for effective functioning and development of the individual and the community. Literacy is according to the UNESCO definition : A person is literate who can, with understanding, both read and write a short statement on his or her everyday life.

Berdasarkan data Education for All Global Monitoring Report tahun 2005, populasi buta huruf di Indonesia masih berkisar 18,4 juta orang yang berarti merupakan negara yang ke-8 dengan populasi buta huruf terbesar di dunia. Dengan program dan gerakan yang terencana dan terpadu, Pemerintah bersama semua unsur masyarakat diharapkan dapat bekerja sama melaksanakan gerakan pemberantasan buta aksara sehingga tuntas dalam beberapa tahun yang akan datang. Pada tahun 2004, 64% dari total buta aksara (15.414.878 orang) adalah perempuan yang mewakili duapertiga penduduk yang buta huruf di Indonesia.

Hal ini menunjukkan bahwa 10,2% dari populasi orang dewasa buta huruf dan kesenjangan gender adalah 7,3. Selain itu, ada lebih dari 200.000 drop-out dari sekolah dasar. Pemerintah Indonesia membahas solusi untuk masalah ini dengan menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2005 tentang "Program Gerakan Nasional Wajib Sembilan Tahun Pendidikan Dasar dan Melawan Buta Aksara." Setelah Instruksi Presiden ini, pada tahun 2006, Direktorat Pendidikan Masyarakat mengembangkan program akselerasi keaksaraan sebagai Gerakan Nasional dan program ini telah menghasilkan pencapaian 8.07% dari buta aksara.
Tingginya tingkat buta aksara di Indonesia disebabkan oleh lima penyebab utama, yakni tingginya angka putus Sekolah Dasar (SD), beratnya kondisi geografis Indonesia, munculnya penyandang buta aksara baru, pengaruh faktor sosiologis masyarakat, serta kembalinya seseorang menjadi penderita buta aksara. Pembangunan sumber daya manusia merupakan salah satu dari tujuan nasional. UNDP menetapkan kemajuan suatu negara dapat ditentukan oleh tiga indikator indeks pembangunan manusia, yaitu indeks pendidikan, indeks kesehatan dan indeks perekonomian. Angka melek aksara adalah salah satu variabel dari indikator indeks pendidikan.

Berdasarkan Konferensi Tingkat Menteri Negara-Negara Anggota PBB pada tanggal 17 Nopember 1965 di Teheran, Iran, UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) menetapkan tanggal 8 September sebagai Hari Aksara Internasional pertama kali dilakukan pada tahun 1966. Selanjutnya setiap tahun diperingati untuk memahami status keaksaraan dewasa secara global. Mengingat masih tingginya jumlah penduduk tuna aksara di dunia, UNESCO mencanangkan Satu Dekade Keaksaraan Persatuan Bangsa-Bangsa atau UNLD (United Nations Literacy Decade) 2003-2012.

Dekade peningkatan penduduk global ini dibagi atas 5 (lima) tema yaitu : (i) Keaksaraan dan Gender (2003-2004); (ii) Keaksaraan dan Pembangunan Berkelanjutan (2005-2006); (iii) Keaksaraan dan Kesehatan (2007-2008); (iv) Keaksaraan dan Pemberdayaan (2009-2010); dan (v) Keaksaraan dan Perdamaian (2011-2012).

Sejak tahun 1948 Indonesia memulai gerakan pemberantasan buta aksara secara besar-besaran, dalam kepemimpinan Presiden Soekarno. Program ini berlanjut dengan program kelompok belajar Paket A Terintegrasi Pendidikan Mata Pencaharian. Keberhasilan pendidikan dasar dan peningkatan keaksaraan penduduk ditandai dengan perolehan penghargaan “Avicenna Award” dari UNESCO yang diserahkan kepada Presiden Soeharto pada tahun 1994.

Tahun Pertama Dekade Keaksaraan Bangsa-Bangsa di Indonesia ditandai dengan peringatan Hari Aksara Internasional ke 38 sekaligus Pencanangan Gerakan Membaca Nasional oleh Presiden Republik Indonesia Megawati Soearnoputri pada tanggal 12 Nopember 2003.

Pada tanggal 2 Desember 2004, Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mendeklarasikan Gerakan Nasional Percepatan Pemberantasan Buta Aksara, yang kemudian dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2004-2009, sebagai salah satu prioritas program pembangunan di bidang pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, pada tahun 2006 telah dikeluarkan Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2006 tentang Gerakan Nasional Percepatan Penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun Buta Aksara.

Sejalan dengan keberhasilan penuntasan tuna aksara, Indonesia mendapat penghargaan dari Laura Bush, Duta Keaksaraan Internasional. Sehingga Ibu Negara Ani Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 31 Juli 2007 berbicara Upaya Pemberantasan Buta Huruf se-Dunia (UNESCO Regional Conferences in Support of Global Literacy) pada Konferensi Regional UNESCO di Beijing. Peringatan Hari Aksara Internasional di Indonesia terus dilaksanakan dengan mengambil tema selaras tema UNLD.

COMMENTS

Name

Berita,4,Bussines,3,fashion,2,health,11,Inspirasi,12,lifestyle,12,
ltr
item
Gadis dan Wanita: PEMBERANTASAN BUTA AKSARA DI INDONESIA
PEMBERANTASAN BUTA AKSARA DI INDONESIA
https://1.bp.blogspot.com/-g9xKqkVOOLw/W5P_PUGEPaI/AAAAAAAAAiI/q182uUTYbG8Og1QhN0O_a4ZSs4yPc_SoQCLcBGAs/s1600/Literacy.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-g9xKqkVOOLw/W5P_PUGEPaI/AAAAAAAAAiI/q182uUTYbG8Og1QhN0O_a4ZSs4yPc_SoQCLcBGAs/s72-c/Literacy.jpg
Gadis dan Wanita
https://www.gadisdanwanita.com/2018/09/pemberantasan-buta-aksara-di-indonesia.html
https://www.gadisdanwanita.com/
https://www.gadisdanwanita.com/
https://www.gadisdanwanita.com/2018/09/pemberantasan-buta-aksara-di-indonesia.html
true
8043051713030035943
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy