Revolusi dan Perkembangan Komunikasi Pertama Telegraf Hingga Makin Lancar

Telegraf merupakan penemuan yang merevolusi komuniasi manusia dalam berkomunikasi jarak jauh. Mari simak revolusi dan perkembangan komunikasi telegraf ini.


Tanggal 6 Januari 1938, Samuel FB Morse untuk pertama kali mendemonstrasikan sistem telegraf ciptaannya di Speedwell Iron Works di Morristown, New Jersey, AS. Telegraf adalah sebuah sistem yang menggunakan aliran listrik untuk mengirimkan pesan berupa kode-kode melalui kabel, menjadi sebuah penemuan yang merevolusi komuniasi terbaru manusia dalam berkomunikasi jarak jauh menjadi makin lancar dan cepat. Mari kita simak lebih lanjut revolusi dan perkembangan komunikasi telegraf lebih lanjut.

Revolusi dan Perkembangan Komunikasi Telegraf




Telegraf menjadi alat komunikasi jarak jauh yang amat populer terutama pada dekade 1920-an hingga 1930-an. Samuel Finley Morse, lahir pada 27 April 1791 di Charlestown, Massachussetts. Dia menimba ilmu di Universitas Yale dan amat tertarik dengan seni selain ilmu kelistrikan yang di masa itu masih memasuki tahap awal.

Setelah menyelesaikan kuliah, Morse berprofesi sebagai pelukis. Pada 1832 dia meninggalkan Amerika menuju Eropa di mana dia mendengar penemuan elektromagnet yang memberinya ide menciptakan telegraf. Saat itu, Morse sama sekali tidak tahu ilmuwan lain bahkan sudah terlebih dahulu mengerjakan konsep telegraf. Beberapa tahun setelahnya, Morse berkutat untuk mengembangkan prototipe mesin telegraf bersama dua koleganya Leonard Gale dan Alfred Vail.

Revolusi dan perkembangan komunikasi pada tahun 1838, dia kemudian mendemonstrasikan penemuannya itu dengan menggunakan kode Morse yang berupa titik dan garis untuk menggantikan huruf atau angka. Lalu pada 1843, Morse sukses meyakinkan Kongres Amerika yang skeptis untuk mendanai pembangunan jaringan telegraf pertama di Amerika Serikat dari Washington DC menuju Baltimore. Setahun kemudian, tepatnya pada Mei 1844, Morse mengirimkan telegram resmi pertamanya yaitu “Apa yang Tuhan lakukan?”

Sebagai perbandingan waktu, pada 16 Agustus 1858, Ratu Victoria di London mengirim pesan resmi perdana lewat telegram ke Presiden AS James Buchanan di Washington. Jalur kawat telegraf yang dipakai membentang di dasar Samudra Altlantik menghubungkan keduanya. Hanya butuh waktu 17 jam 40 menit pesan bisa sampai ke Buchanan. Isinya 99 kata yang terdiri dari 509 huruf. Tentu waktu belasan jam tersebut jauh lebih cepat dibandingkan dengan berlayar menggunakan kapal yang membutuhkan waktu berhari-hari. Penyempurnaan kawat telegraf dari tahun ke tahun juga membuat pengiriman pesan semakin cepat.

Selama beberapa tahun kemudian Morse pun memulai debutnya. Berbagai perusaan swasta, dengan menggunakan hak paten ciptaan Morse, membangun jaringan telegraf di wilayah timur laut AS Pada 1951, perusahaan Mississippi Valley Printing Telegraph Company berdiri dan kemudian berubah menjadi perusahaan yang kini dikenal dengan nama Western Union. Samuel Morse dalam foto karya Matthew Brady pada 1857. Samuel Morse dalam foto karya Matthew Brady pada 1857 (Wikipedia).

Perkembangan Telegraf

Revolusi dan perkembangan komunikasi telegraf pada 1861, Western Union menyelesaikan pembangunan jaringan telegraf melintasi wilayah Amerika Serikat. Lima tahun kemudian, jaringan telegraf untuk pertama kalinya melintasi Samudera Atlantik. Dan pada akhir abad ke-19, jaringan telegraf sudah merambah Afrika, Asia, dan Australia. Karena perusahaan telegraf membebankan biaya untuk tiap kata yang dikirimkan, maka isi telegram menjadi semakin singkat dan akhirnya hanya digunakan untuk mengirim berita gembira atau kabar duka. Kata “stop” yang tidak dikenakan biaya berfungsi sebagai titik untuk setiap kalimat dalam telegram. Selama Perang Dunia II, para petugas pengantar telegram dari Western Union menjadi pemandangan menakutkan karena biasanya mereka membawa kabar buruk dari medan pertempuran.

Setelah teknologi komunikasi berkembang pesat di abad ke-20, telegraf kemudian digantikan dengan sistem yang lebih cepat dan murah seperti telepon, faksimile, surat elektronik, atau aplikasi pesan singkat. Western Union mengirimkan telegram terakhirnya pada Januari 2006. Sedangkan Samuel Morse, pencipta telegraf, meninggal dunia di New York pada 2 April 1872 saat berusia 80 tahun dalam kondisi amat kaya dan terkenal.

Bagaimanapun, kemunculan telegraf ada di waktu yang tepat ketika Revolusi Industri meletus dan mengubah banyak hal di dunia, termasuk mendorong penemuan media elektronik lain seperti telepon, faksimile. Telegraf listrik bisa disejajarkan dengan temuan mesin cetak yang mendorong terdistribusinya banyak pesan dan informasi melalui buku dan surat kabar. Semoga ulasan tentang telegraf ini bermanfaat.

Sekian ulasan Gadis dan Wanita mengenai revolusi dan komunikasi mulai dari telegraf hingga komunikasi jarak jauh kalian semakin lancar. Semoga Bermanfaat :-)

COMMENTS

Name

Berita,3,Bussines,3,fashion,2,health,7,Inspirasi,8,lifestyle,11,
ltr
item
Gadis dan Wanita: Revolusi dan Perkembangan Komunikasi Pertama Telegraf Hingga Makin Lancar
Revolusi dan Perkembangan Komunikasi Pertama Telegraf Hingga Makin Lancar
Telegraf merupakan penemuan yang merevolusi komuniasi manusia dalam berkomunikasi jarak jauh. Mari simak revolusi dan perkembangan komunikasi telegraf ini.
https://1.bp.blogspot.com/-xCbt-vcMrNI/W6sV9QY-Q1I/AAAAAAAAAlY/JbaYgdlSg8o-0JPYACK4nDtQSiOnfzktgCLcBGAs/s200/telegraf.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-xCbt-vcMrNI/W6sV9QY-Q1I/AAAAAAAAAlY/JbaYgdlSg8o-0JPYACK4nDtQSiOnfzktgCLcBGAs/s72-c/telegraf.jpg
Gadis dan Wanita
https://www.gadisdanwanita.com/2018/10/revolusi-dan-perkembangan-komunikasi-pertama.html
https://www.gadisdanwanita.com/
https://www.gadisdanwanita.com/
https://www.gadisdanwanita.com/2018/10/revolusi-dan-perkembangan-komunikasi-pertama.html
true
8043051713030035943
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy