Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 10 Oktober 2018

Hey sobat gadis dan wanita! Pada tau gak sih, setiap tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia.


Hey sobat gadis dan wanita!!pada tau gak sih, setiap tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Dan berkaitan dengan peringatan tersebut, tujuan peringatan Hari Kesehatan Jiwa ini adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu kesehatan jiwa di seluruh dunia serta memobilisasi upaya dalam mendukung kesehatan jiwa. Wah lalu apa sih sobat kesehatan jiwa itu? penting mana ya kira-kira antara kesehatan jiwa atau kesehatan raga? Anda juga bisa melihat artikel tips hidup lebih lama di dunia pada artikel sebelunya.

Kesehatan jiwa menurut WHO (world Health Organization) adalah ketika seseorang merasa sehat dan bahagia, mampu mengahdapi tantangan hidup serta dapat menerima orang lain sebagaimana seharusnya serta mempunyai sikap positif terhadap diri sendiri dan orang lain. Sedangkan versi lain, kesehatan jiwa menurut UU No.18 Tahun 2014) adalah kondisi dimana seorang individu tersebut menyadari kemampuan diri sendiri, dapat mengatasi tekanan, dapat bekerja secara produktif, dan mampu memberikan kontribusi untuk komunitasnya. Nah kondisi yang tidak sesuai pada individu disebut gangguan jiwa. Wah melihat definisi tersebut berarti antara kesehatan jiwa dan raga sama-sama harus dijaga ya sobat, masih ingat kan pepatah dari bahasa latin Mens sana in corpore sano, yang artinya didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Tuh kan, keduanya saling bersinergi.

Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia

Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2018

Peringatan Hari Kesehatan Jiwa ini merupakan momentum bagi semua orang, khususnya para pemangku kepentingan untuk lebih perhatian lagi nih, terhadap isu-isu kesehatan jiwa agar lebih memerhatikan lagi tentang pekerjaan mereka, dan aktivitas-aktivitas apa yang harus dilakukan untuk menangani orang-orang yang mengalami gangguan jiwa disekitar kita. Sebab menurut data WHO 2016, terdapat sekitar tiga puluh lima juta orang terkena depresi, enam puluh juta orang terkena bipolar, dua puluh satu juta terkena skizofrenia, serta empat puluh tujuh koma lima juta terkenal dimensia. Di Indonesia sendiri, dengan berbagai faktor biologis, psikologis, dan sosial keanekaragaman penduduk, maka jumlah kasus gangguan jiwa terus bertambah.

Hal tersebut tentu berdampak pada penambahan beban negara dan penurunan produktivitas manusia untuk jangka panjang. Ironisnya lagi penderita gangguan jiwa dengan tingkat emosi tinggi seringkali ditangani dengan cara dipasung, terlebih bila pihak keluarga tidak mampu untuk memeriksakan kondisi pasien ke rumah sakit jiwa untuk dirawat. Nah disinilah peran kita semua untuk lebih peka terhadap permasalahan sosial seperti ini.

Misalnya dengan melaporkan pada pemerintah setempat bila kita menyaksikan perlakuan yang kurang adil pada pengidap gangguan jiwa. Sobat gadis dan wanita tidak perlu cemas dan bingung melapor kemana. FYI aja nih, Pemerintah melalui Dinas Sosial Jawa Timur punya program yang namanya Administrasi Terpadu Manajemen (ATM) Pasung dan prioritas penanganan penderita pasung. So, sobat gadis dan wanita bisa nih berpartisipasi dalam program pemerintah ini. Nah berikut akan dibagikan tips untuk menjaga kesehatan jiwa baik bagi diri atau untuk orang-orang terdekat kita :
  1. Belajar Tentang Kesehatan Jiwa

Sobat gadis dan wanita dengan kita memahami dan berusaha untuk lebih tahu tentang kesehatan jiwa, maka disitu kita dapat membantu mengurangi risiko masalah kesehatan jiwa. Kita akan lebih memahami orang-orang terdekat yang sedang berjuang melawan masalah kesehatan jiwanya, bukan hanya men-judge ke arah negatif saja. Sungguh bermanfaat tentnya, bila dapat membantu orang-orang sekitar yang sedang kesulitan karena gangguan jiwa. Apalagi saat ini juga sudah banyak lho, metode hipnoterapi yang membuka kelas khusus untuk belajar metode hipnoterapi ini. Hmm menarik kan, asal jangan disalahgunakan saja ya..hehe
  1. Melakukan Hal yang Menyenangkan di Lingkungan Sekitar

Jika menilik tema hari kesehatan jiwa sedunia tahun 2017 silam, adalah tentang kesehatan jiwa di lingkungan kerja. Maka kita bisa lho, mencoba mulai melakukan hal yang menyenangkan di lingkungan kerja. Apalagi jika aktivitas kita seharian berada di tempat kerja dengan setumpuk deadline yang harus diselesaikan. Woww bisa dibayangkan bukan bagaimana kondisi jiwa kita, bila gagal dalam mengolah stres di lingkungan kerja. Lalu apa nih, hal-hal menyenagkan yang bisa dilakukan saat kerja??

Contoh hal yang bisa dilakukan adalah meluangkan waktu untuk bercerita pengalaman pada rekan sejawat, mendengarkan keluh kesah rekan kerja, menerima rekan kerja baru dengan ramah, bisa saja lho kita sulap tempat kerja kita dengan tanaman hijau dalam ruangan. Pasti lebih sedap dipandang, terutama bagi kaum hawa. So, the most important adalah buat lingkungan kerja menjadi menyenangkan sehingga kita merasa nyaman saat di kantor, meskipun dikejar banyak deadline. Percaya saja jika kita membawa aura bahagia disekeliling kita, maka atmosfer kebahagiaan juga akan tertular pada orang-orang terdekat kita.
  1. Menjadi Teman Bagi Setiap Orang

hari kesehatan jiwa sedunia
Nah, salah satu masalah terbesar dari kesehatan jiwa adalah saat kita merasa kesepian. Jadi ngelamun kemana-mana tuh, bahaya. Well, menjadi teman dan meluangkan waktu untuk orang terdekat disekeliling kita tidak ada salahnya. Selain dekat dengan mereka untuk berbagi keluh kesah, kita pun bisa menjadi tempat mereka untuk berkeluh kesah atau berbagi. Tentu hal ini akan membuat kita terbebas dari masalah kesehatan jiwa. Kata-kata motivasi juga sangat penting bagi teman terdekat kita yang sedang dirundung kegalauan. Kekuatan mereka untuk bangkit dapat berasal dari kekuatan kita dalam meyakinkannya bahwa kita ada untuk mereka saat ini. Kita tidak perlu memaksa diri untuk memberikan alternatif terbaik untuk setiap masalah yang sedang mereka hadapi. Memberikan waktu dan mendengarkan keluh kesahnya pun sudah cukup meringankan beban yang sedang ditanggungnya.

Aksi kecil yang kita lakukan untuk mendukung kesehatan jiwa tentu akan bermakna guna membantu menyelamatkan jiwa orang lain. Be possitive, Be productive ladies. Cukup sekian ulasan hari kesehatan jiwa sedunia 2018 dari Gadis dan Wanita, semoga bermanfaat :)

COMMENTS

Name

Berita,3,Bussines,3,fashion,2,health,7,Inspirasi,8,lifestyle,11,
ltr
item
Gadis dan Wanita: Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 10 Oktober 2018
Selamat Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 10 Oktober 2018
Hey sobat gadis dan wanita! Pada tau gak sih, setiap tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia.
https://3.bp.blogspot.com/-ltHqv1WN8sQ/W7xp0nvBUyI/AAAAAAAAAms/g7Ws17LO3n4_ChK57mfnFxufYOADAMUyQCLcBGAs/s400/sohibb.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-ltHqv1WN8sQ/W7xp0nvBUyI/AAAAAAAAAms/g7Ws17LO3n4_ChK57mfnFxufYOADAMUyQCLcBGAs/s72-c/sohibb.jpg
Gadis dan Wanita
https://www.gadisdanwanita.com/2018/10/selamat-hari-kesehatan-jiwa-sedunia.html
https://www.gadisdanwanita.com/
https://www.gadisdanwanita.com/
https://www.gadisdanwanita.com/2018/10/selamat-hari-kesehatan-jiwa-sedunia.html
true
8043051713030035943
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy