Selamat Hari Osteoporosis Sedunia 20 Oktober

Pada setiap tanggal 20 Oktober diperingati sebagai Hari Osteoporosis sedunia. Disini akan membahas faktor penyebab dan cara mencegah osteoporosis



Sudah pada tau belum nih, kalo tanggal 20 Oktober diperingati sebagai Hari Osteoporosis sedunia?Peringatan Hari Osteoporosis Sedunia ini pertama kali digagas pada tahun 1996 oleh United Kingdom’s National Osteoporosis Society dan selanjutnya peringatannya sendiri diselenggarakan oleh International Osteoporosis Foundation. Peringatan Hari Osteoporosis Sedunia tentu sebagai momentum yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global tentang pencegahan, diagnosis, dan pengobatan osteoporosis. Pada artikel sebelumnya Gadis dan Wanita juga telah membahas hari kesehatan jiwa sedunia.

Jadi cara mencegah osteoporosis bukan hanya dari pengobatan terhadap osteoporosis saja yang perlu diperhatikan, namun pencegahan terhadapnya juga perlu digencarkan. Hehe, ingat kan kalo mencegah lebih baik daripada mengobati. So, Hari Osteoporosis Sedunia juga menekankan pentingnya nutrisi untuk tulang dalam pencegahan osteoporosis di kemudian hari. Tentu pencegahan osteoporosis harus dimulai sejak dini, bukan hanya untuk lansia saja lho ya. Lalu sobat darjo paham gak sih apa itu osteoporosis?

Selamat Hari Osteoporosis Sedunia

Selamat Hari Osteoporosis Sedunia

Menurut World Health Organization (WHO) mendefinisikan osteoporosis merupakan penyakit yang ditandai dengan rendahnya massa tulang dan memburuknya mikrostruktural jaringan tulang yang menyebabkan kerapuhan tulang sehingga meningkatkan meningkatkan resiko terjadinya fraktur, dalam artian kondisi tulang menjadi lebih tipis dan rapuh. Kalo fraktur sendiri adalah putusnya kontinuitas tulang yang disebabkan oleh benturan atau dari osteoporosis itu sendiri. Sehingga kerapuhan tulang (Osteoporosis) tidak dapat diabaikan begitu saja sebab dapat menyebabkan tulang-tulang menjadi lemah dan rapuh, sehingga berakibat mudah keropos bahkan hancur.

Bisa dibayangkan toh sobat, gimana jika terjadi benturan atau gerakan secara tiba-tiba, tulang akan fraktur. Bahayanya, fraktur yang disebabkan oleh osteoporosis ini sangat mengancam jiwa dan menjadi faktor penyebab utama dari kelumpuhan. Duh tidak mau kan kalo hal ini terjadi pada kita?

Maka dari itu dalam kehidupan sehari-hari nih, tulang kita memerlukan nutrisi yang tepat agar tetap strong. Cara mencegah osteoporosis yang bisa dilakukan adalah dengan diet kaya nutrisi yang mengandung cukup kalsium, konsumsi vitamin D, protein, dan mikronutrien misalnya vitamin K, magnesium, dan zat besi. Selain itu gaya hidup sehat, seperti olahraga cukup penting juga nih, bisa kita lakukan dengan dan pengobatan osteoporosis bagi mereka yang berisiko tinggi juga dapat membantu dalam membentuk kesehatan tulang yang baik dan pencegahan osteoporosis.

Merujuk pada data world osteoporosis day, Osteoporosis merupakan masalah kesehatan dunia yang menjadi global issue dimana osteoporosis kini banyak diderita oleh kelompok usia yang lebih muda.  Saat ini, Indonesia yang memiliki jumlah penduduk hampir dua ratus lima puluh juta jiwa. Dimana diperkirakan tujuh puluh satu juta jiwa akan berusia lebih dari enam puluh pada tahun 2050. Diperkirakan 28,7% laki-laki dan 32,3% perempuan didiagnosis terkena osteoporosis. Oleh sebab itu penyakit ini dikenal juga sebagai silent epidemic.

Faktor Penyebab Osteoporosis

Namun sekadar informasi nih mengenai faktor penyebab osteoporosis, penyakit osteoporosis kerap lebih menyerang wanita jika dibandingkan dengan pria. Dilansir dari WHO menyebutkan bahwa enam puluh delapan persen penderita osteoporosis adalah wanita dimana 1 dari 5 wanita dengan usia di atas empat puluh tahun memiliki resiko terkena penyakit ini. Kalo gitu mengapa wanita lebih rentan mengalami masalah pengeroposan tulang daripada pria?

Mengutip dari artikel kesehatan, dr. Cindiawaty Pudjiadi, Sp.GK menyebutkan jika ada banyak faktor yang menjadi penyebab wanita lebih rentan terkena masalah pengeroposan tulang. Sebab secara umum pria dilahirkan dengan kondisi memiliki simpanan mineral pada tulang yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan wanita. Hal tersebut membuat pria cenderung lebih sedikit kehilangan massa tulang jika dibandingkan dengan wanita.

Selain itu, wanita dengan segala kelebihannya, juga mengalami berbagai siklus kehidupan yang bisa membuat mereka lebih rentan terkena masalah kehilangan kepadatan tulang. Sebagai contoh, saat menjelang fase menopause. Pada fase ini, hormon estrogen yang memiliki peran besar dalam menjaga kekuatan tulang justru mengalami penurunan produksi dengan signifikan. Selain itu, proses kehamilan dan menyusui ternyata juga membuat tubuh wanita mengambil kandungan kalsium dari tulang tubuhnya. Sungguh luar biasa kan peran wanita, maka dari itu sobat gadis dan wanita harus mempersiapkan pencegahan osteoporosis ini mulai sekarang ya.

Adanya berbagai faktor penyebab osteoporosis ini membuat wanita sebaiknya lebih intens lagi menjaga kesehatan tulang, khususnya dalam menjaga kadar kalsium dalam tulang agar tetap dalam kondisi yang baik. Sebab jika hal ini tidak dilakukan, maka hal yang dikhawatirkan adalah kondisi tulang menjadi semakin melemah dan resiko terkena patah tulang meningkat tajam.

Pakar kesehatan, dr. Cindiawaty menyarankan pula pada para wanita-wanita untuk memperbanyak asupan vitamin D dengan cara berjemur sinar matahari secara rutin, berolahraga, meminum susu dengan rutin, hingga mengkonsumsi berbagai makanan yang kaya akan kandungan kalsium. Dengan melakukan hal ini, diharapkan resiko terkena masalah osteoporosis di masa tua dapat diminimalisir dengan signifikan.

Cara Mencegah Osteoporosis

Berikut cara mencegah osteoporosis yang bisa Anda lakukan untuk menghindari faktor penyebab osteoporosis. Langkah yang bisa kita lakukan untuk melawan osteoporosis ini? Mengutip dari worldosteoporosisday setidaknya memberikan beberapa langkah pencegahan osteoporosis, simak yuukk :
  • Berolahraga Secara Teratur

Tidak peduli berapa umur kita, jika malas bergerak osteoporosis akan selalu mengancam. Untuk itu kita bisa mencoba rutin berolahraga, misalnya membiasakan diri untuk lari kecil atau sekadar jalan-jalan, bersepeda santai di pagi hari ketika weekend, lebih seru lagi kalo melakukan aktivitas ini dengan anggota keluarga. Selain tulang-tulang menjadi sehat pikiran pun jadi lebih fresh. Apalagi udara dipagi hari juga sejuk ditambah sinar terik matahari yang dapat menyumbangkan vitamin D bagi tubuh.


  • Jika Anda Sedang Diet, Pastikan Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi Tulang

Memiliki tubuh ideal memang idaman setiap orang, apalagi kaum hawa. Sehingga melakukan diet sederhana hingga ekstrim demi mendapatkan tubuh ideal. Namun hal yang tetap harus diperhatikan adalah tulang membutuhkan kalsium dan vitamin D serta protein agar terus kuat. Untuk itu bagi sobat yang sedang program diet harus tetap memenuhi tiga unsur tersebut ya..
  • Hindari Gaya Hidup Negatif

Sebisa mungkin, hindarilah kebiasaan negatif yang bisa mengganggu kesehatan tulang, misalnya posisi tidur dan duduk yang salah. Dan hindarilah konsumsi rokok dan alkohol.
  • Cari Tahu Kondisi Tulang Anda

Untuk poin yang satu ini dapat dilakukan dengan mengecek kondisi tulang kepada dokter yang ahli pada bidangnya, terlebih jika kita pernah mengalami fraktur tulang sebelumnya. Atau kecelakaan yang melibatkan gangguan pada tulang, harus cek kesehatan tulang secara berkala nih..!!
  • Asupan Nutrisi Tambahan, Jika Diperlukan

Guna menjaga kesehatan tulang, ada baiknya untuk mengkonsumsi susu yang sudah diproduksi untuk kesehatan tulang anda yaitu susu yang banyak diperkaya vitamin D. Ikan salmon dan olahan makanan dari kedelai juga bisa menjadi nutrisi tambahan untuk kesehatan tulang kita.

Nah di momentum Hari Osteoporosis Sedunia ini saatnya kita sadar untuk menjaga kesehatan tulang kita dan tidal lagi menganggapnya remeh. Lebih berarti lagi bila kita menerapkan cara mencegah osteoporosis diatas dan juga saling mengingatkan orang-orang disekitar kita agar menjaga pola hidup sehat untuk kebaikan kekuatan tulangnya di masa yang akan datang, selamat Hari Osteoporosis Sedunia. Semoga artikel dari Gadis dan Wanita ini bermanfaat :)

COMMENTS

Name

Berita,4,Bussines,3,fashion,2,health,11,Inspirasi,12,lifestyle,12,
ltr
item
Gadis dan Wanita: Selamat Hari Osteoporosis Sedunia 20 Oktober
Selamat Hari Osteoporosis Sedunia 20 Oktober
Pada setiap tanggal 20 Oktober diperingati sebagai Hari Osteoporosis sedunia. Disini akan membahas faktor penyebab dan cara mencegah osteoporosis
https://alibaba.kumpar.com/kumpar/image/upload/c_fill,g_face,f_jpg,q_auto,fl_progressive,fl_lossy,w_800/KOMIKKK_taz5tc.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-2sCcD3INu8o/W8mczkt49lI/AAAAAAAAAoo/qVNdKKlruacM6tcmCNcc4G09NSowH360ACLcBGAs/s72-c/tulang.jpg
Gadis dan Wanita
https://www.gadisdanwanita.com/2018/10/selamat-hari-osteoporosis-sedunia-20-oktober.html
https://www.gadisdanwanita.com/
https://www.gadisdanwanita.com/
https://www.gadisdanwanita.com/2018/10/selamat-hari-osteoporosis-sedunia-20-oktober.html
true
8043051713030035943
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy