Selamat Hari Penglihatan Sedunia, Buka Cakrawala Duniamu

Hey sobat gadis dan wanita, pada tau gak nih kalo setiap hari kamis tepatnya pada minggu kedua bulan Oktober diperingati sebagai Hari Penglihatan Sedunia


Hey sobat gadis dan wanita, pada tau gak nih kalo setiap hari kamis tepatnya pada minggu kedua bulan Oktober diperingati sebagai Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day). Nah kita semua pasti tau organ tubuh kita yang mengambil peran dalam kaitannya dengan penglihatan adalah mata.

Mata adalah organ vital penglihatan makhuluk hidup yang dapat mendeteksi cahaya dan mengubahnya menjadi impuls elektrokimia pada sel saraf. Pada organisme yang lebih tinggi seperti manusia, mata merupakan sistem optik kompleks yang mengumpulkan cahaya dari lingkungan sekitarnya, mengatur intensitasnya melalui diafragma, memfokuskan melalui lensa yang kemudian akan membentuk sebuah gambar, mengkonversi gambar tersebut menjadi satu himpunan sinyal listrik untuk diteruskan otak.
Selamat Hari Penglihatan Sedunia

Selamat Hari Penglihatan Sedunia

Namun di Indonesia sendiri, hari penglihatan sedunia sama halnya dengan peringatan Hari Kesehatan Jiwa, World Sight Day juga belum banyak yang tau karena kurang adanya sosialisasi peri jadi jangan smpai masalah in kita sngatan moment ini. Penglihatan sendiri bagi kita tentu penting adanya, disamping untuk alasan praktis tetapi juga supaya memiliki kualitas hidup yang baik. Berbagai penelitian pun telah banyak dilakukan dimana gangguan penglihatan dan kebutaan memiliki implikasi multidimensional, diantaranya dampak fisik, menurunkannya kualitas hidup, menurunnya produktivitas bekerja atau aktivitas harian lain, dan rentan terhadap masalah kesehatan lainnya. So, masalah penglihatan sebagai anugerah dari Sang Pencipta harus benar-benar kita perhatikan nih sobat GnD.

Hari Penglihatan Sedunia

Hasil survey kebutaan Rapid Assesment of Avaidable Blindness (RAAB) 2014-2016 di lima belas provinsi, antara lain usia lima puluh tahun keatas, diketahui bahwa angka kebutaan mencapai tiga persen. Penyebab kebutaan terbanyak disebabkan oleh katarak 81%, kelainan segmen posterior non RD 5,8 %, kekeruhan kornea non trachoma 2,8 %, kelainan bola mata/SPP abnormal, glaukoma 2,5%, dan kelainan refraksi 1,7%. Dari data ini kita bisa lihat nih, gangguan penglihatan dengan prosentase paling banyak disebabkan karena katarak. Lalu apa sih penyebab timbulnya penyakita katarak ini, mengapa angka penyebab katarak tersebut sangat tinggi?

Katarak sendiri muncul dilensa mata, bagian mata ini bekerja seperti kamera yang fungsinya menyesuaikan fokus cahaya ke retina, sehingga kita dapat melihat sesuatu dengan jelas baik dekat ataupun jauh. Lensa sendiri tersusun atas air dan protein, namun seiring bertambvahnya usia sejumlah protein dapat menggumpal dan mulai membentuk awan keruh yang menutupi lensa mata. Akibatnya penglihatan dapat berkabut atau kabur, inilah yang dinamakan katarak. Katarak dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor penyebab, diantaranya riwayat peradangan mata, riwayat cedera mata, diabetes, kebiasaan minum alkohol dsb. Tapi masyarakat Indonesia tidak perlu cemas nih, pada peringatan World Sight Day ini kita patut berbahagia nih, karena komitmen Pemerintah Melalui Kementerian Kesehatan meluncurkan “SI GALIH”. Wah, apa itu ya?

“Si Galih” adalah Sistem Informasi Penangulangan Gangguan Penglihatan Nasional, yaitu sebuah sistem yang menghubungkan pasien dan rumah sakit dengan memanfaatkan teknologi zaman now, yaitu aplikasi berbasis android sehingga penanganan terhadap gangguan penglihatan dapat dilakukan lebih cepat. Woww, luar biasa kan karena memang saat ini masyarakat Indonesia tidak terlepas dari yang namanya gedget ya, jadi pas banget nih sembari utak-atik gedget tidak ada salahnya untuk sesekali melakukan cek kesehatan mata melalui aplikasi ini. Lebih jelasnya “Si Galih” ini tentu dapat menjadi sarana untuk meningkatan layanan kesehatan mata dan koordinasi pelayanan lanjutan pasien. Selain itu melalui sistem ini dapat memberi pencatatan dan pelaporan skrining gangguan penglihatan masyarakat Indonesia melalui deteksi dini mata, khususnya di Pos Pembinaan Terpadu untuk Penyakit Tidak Menular (Posbindu).

Selamat hari penglihatan sedunia bagi kita semua. Kita sadari bahwa saat ini masuk dalam era digital, sehingga manusia di zaman modern tidak dapat terlepas dari perkembangan teknologi termasuk dalam kaitannya dengan penggunaan ge. Seseorang saat ini seakan benar-benar terikat pada layar monitor apa pun itu bentuknya, mulai dari layar televisi, monitor komputer, dan handphone. Namun yang disayangkan, kita kerap kali belum memperhatikan pentingnya menjaga kesehatan mata dan bahaya dari kebiasaan-kebiasaan manusia modern seperti itu. Mengutip tulisan dokter Nathan Bonilla-Warlord, OD, seorang penyedia layanan kesehatan mata di Tampa, Florida, Amerika Serikat, berikut ini beberapa cara menjaga penglihatan dari bahaya penggunaan monitor berlebihan.
  1. Sesuaikan lingkungan Anda

Kita dapat menyesuaikan lingkungan ketika menggunakan perangkat digital agar mata lebih sehat. Jika memungkinkan, gunakan monitor besar untuk mengurangi ketegangan mata. Pastikan kursi berada di dekat dengan komputer dan duduk dengan dukungan punggung bawah yang memadai. Pastikan kita duduk dengan nyaman. Selain itu, pastikan juga Anda merasa nyaman sebelum menggunakan gawai. Hal ini akan mengurangi tingkat stres di mata karena mencari sudut pandang yang paling baik.
  1. Pencahayaan

Pencahayaan tidak hanya dari komputer namun juga ruangan. Pastikan cahaya tidak berlebihan karena bisa mengiritasi mata dan menegang. Apabila menggunakan lampu meja, pastikan lampu meja tersebut menyinari meja bukan kita. Selain itu, kita bisa mencoba duduk di samping jendela, bukan di depan atau belakang kita. Gunakan tirai atau layar untuk mengurangi kesilauan. Posisikan layar komputer untuk mengurangi pantulan dari jendela atau pun lampu di atas kepala.
  1. Sesuaikan Sudut Baca Anda

Sesuaikan layar sehingga kita melihatnya sedikit ke bawah dan berjarak sekitar 24 hingga 28 inci (sekitar 61 sampai 71 centimeter). Selain itu, tengahnya harus berada di sekitar 4 sampai 6 inci (6 sampai 15 centimeter) di bawah mata kita. Pastikan layar cukup besar dan dengan kecerahan serta kontras yang tepat.
  1. Perbesar Teks di Layar

Bagi mereka yang memiliki masalah penglihatan, memperbesar teks dan gambar di perangkat dapat membantu penglihatan. Hampir setiap perangkat dapat disesuaikan untuk menampilkan teks yang lebih besar. Perangkat memang dapat digunakan tanpa istirahat, tapi kita bukanlah mesin yang tidak butuh rehat. Penglihatan kita butuh istirahat untuk itu aturan “20-20-20” dapat diterapkan, artinya setiap 20 menit, istirahat 20 detik, dan lihat sesuatu yang berjarak 20 kaki (6 meter). Selain itu, jangan lupa berkedip. Jika kita memakai kacamata, pastikan memiliki lensa yang tepat untuk komputer.

Nah sobat gadis dan wanita, semoga Hari Penglihatan Sedunia ini, dapat menjadi momentum bagi kita agar lebih peduli lagi terhadap kesehatan mata dan yang paling penting adalah menghindari kebiasaan buruk yang dapat merusak mata, seperti menatap layar monitor dengan posisi tidur atau dengan jarak yang terlalu dekat. Konsumsi jus wortel secara rutin juga dapat menjadi alternatif agar kesehatan mata tetap terjaga, semoga bermanfaat :)

COMMENTS

Name

Berita,3,Bussines,3,fashion,2,health,7,Inspirasi,8,lifestyle,11,
ltr
item
Gadis dan Wanita: Selamat Hari Penglihatan Sedunia, Buka Cakrawala Duniamu
Selamat Hari Penglihatan Sedunia, Buka Cakrawala Duniamu
Hey sobat gadis dan wanita, pada tau gak nih kalo setiap hari kamis tepatnya pada minggu kedua bulan Oktober diperingati sebagai Hari Penglihatan Sedunia
https://1.bp.blogspot.com/-qjnGMLxOd0o/W8BQFlIcSZI/AAAAAAAAAns/BGx37D47kNQ8WCm_ZYDobFzGiqIavRALwCLcBGAs/s640/mata.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-qjnGMLxOd0o/W8BQFlIcSZI/AAAAAAAAAns/BGx37D47kNQ8WCm_ZYDobFzGiqIavRALwCLcBGAs/s72-c/mata.jpg
Gadis dan Wanita
https://www.gadisdanwanita.com/2018/10/selamat-hari-penglihatan-sedunia.html
https://www.gadisdanwanita.com/
https://www.gadisdanwanita.com/
https://www.gadisdanwanita.com/2018/10/selamat-hari-penglihatan-sedunia.html
true
8043051713030035943
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy