8 Tips Hidup Lebih Lama di Dunia

Tips hidup lebih lama di dunia yang utama yaitu usahakan untuk selalu membuat jantung menjadi lebih sehat, supaya denyut nadi berdetak normal agar tetap sehat.


Disadari atau tidak jantung merupakan organ tubuh yang tidak pernah berhenti bekerja keras seumur hidup kita. Makadari itu tips hidup lebih lama di dunia yang utama yaitu usahakan untuk selalu membuat jantung menjadi lebih sehat, supaya denyut nadi berdetak terirama dan hidup di dunia lebih lama tentunya. Mengurangi atau bahkan berhenti merokok, aktif melakukan kegiatan fisik, dan menjaga berat badan ideal mungkin terdengar klise, tetapi sebenarnya faktor-faktor inilah yang diperlukan guna menjaga kesehatan jantung.



Tips Hidup Lebih Lama di Dunia

Supaya tips hidup lebih lama ini makin jelas, simak tips menjaga kesehatan jantung berikut ini :
  1. Mengonsumsi ikan
    Tips hidup sehat yang utama yaitu dengan konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 membantu dalam pencegahan penyakit jantung. Dan ikan adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Kita dapat memilih ikan sarden, tuna, atau salmon. Mengonsumsinya dua kali seminggu secara teratur sudah mencukupi kebutuhan lemak omega-3.
  2. Mengonsumsi lebih banyak serat
    Serat bisa didapatkan dari gandum, sereal, dan kentang yang dimakan dengan kulitnya. Tidak ketinggalan juga, konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Mengonsumsi lebih banyak serat dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Penuhilah kebutuhan serat paling tidak 30 gram per hari.
    Perlu diperhatikan juga bahwa konsumsi makanan berserat secara rutin harus dilakukan secara bertahap. Lebih baik jangan langsung menghabiskan banyak sayuran secara sekaligus karena justru dapat mengakibatkan konstipasi atau kram perut. Lebih disarankan untuk menyeimbangkan kombinasi dengan nutrisi-nutrisi lain yang sama pentingnya, terutama dipadukan dengan konsumsi cairan yang cukup untuk membantu proses pencernaan.
  3. Mengurangi konsumsi lemak jenuh
    Lemak jenuh dan lemak trans berperan besar dalam pembentukan kolesterol yang berlebihan di dalam darah. Kolesterol yang menumpuk berpotensi menyumbat pembuluh arteri jantung sehingga membahayakan aliran darah. Karena itu, batasi konsumsi lemak jenuh dari daging merah, makanan olahan, makanan yang digoreng, serta produk susu kaya lemak.
  4. Mencukupi waktu tidur sehari-hari
    Orang dewasa yang memiliki waktu tidur cukup di samping tidur yang berkualitas, memiliki kondisi arteri yang lebih baik daripada orang yang kurang tidur. Jika kondisi arteri baik, jantung pun dapat terbantu terhindar dari penyakit.
  5. Menjaga tekanan darah
    Menjaga tekanan darah agar tidak terlalu tinggi. Tekanan darah tinggi dapat merusak dinding arteri dan menimbulkan jaringan parut. Jika hal ini terjadi, darah dan oksigen akan lebih sulit mengalir dari dan menuju hati sehingga jantung harus bekerja lebih keras agar organ tubuh tidak kekurangan oksigen. Mengelola stres, berolahraga secara teratur, mengurangi asupan garam, serta membatasi minuman beralkohol adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga tekanan darah.
  6. Menghindari diabetes
    Kondisi gula darah yang tinggi di dalam tubuh juga berpotensi terkena risiko penyakit jantung. Sebab, ketika kadar gula darah sudah tinggi, hal ini dapat membuat kerusakan pada arteri. Karena itu, selalu periksa kadar gula darah, terutama jika Anda telah berusia di atas 45 tahun, sedang hamil, dan mengalami kelebihan berat badan (obesitas). Untuk menghindari diabetes, kita harus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.
  7. Menghentikan kebiasaan merokok
    Langkah ini adalah hal terbaik yang dapat dilakukan jika ingin terhindar dari penyakit jantung. Merokok menjadi satu dari berbagai penyebab utama penyakit jantung koroner. Jika kaum adam berhasil berhenti merokok selama satu tahun, risiko terkena penyakit jantung akan turun menjadi setengah dari risiko yang ada pada para perokok aktif.
  8. Rutin berolahraga
    Aktif secara fisik atau berolahraga secara rutin dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kita hanya perlu melakukan olahraga berintensitas sedang selama 150 menit tiap minggu. Berarti, tiap harinya hanya perlu melakukan olahraga selama 30 menit, lima kali per minggu.

Kesimpulan

Dalam menjaga kesehatan jantung, tentu saja tidak perlu menjalani semua tips hidup lebih lama ini secara bersamaan. Dua atau tiga di antaranya yang dilaksanakan secara rutin sudah sangat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. So, tunggu apa lagi, jangan tunda memiliki tubuh sehat mulai dari sekarang!

Cukup sekian penjelasan tips hidup sehat dan bahagia veri Gadis dan Wanita. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-teman lainnya ^_^

COMMENTS

Name

Berita,3,Bussines,3,fashion,2,health,7,Inspirasi,8,lifestyle,11,
ltr
item
Gadis dan Wanita: 8 Tips Hidup Lebih Lama di Dunia
8 Tips Hidup Lebih Lama di Dunia
Tips hidup lebih lama di dunia yang utama yaitu usahakan untuk selalu membuat jantung menjadi lebih sehat, supaya denyut nadi berdetak normal agar tetap sehat.
https://2.bp.blogspot.com/-iRl3usLbRkc/W6xcGxLGeTI/AAAAAAAAAlo/LkrrumZNDPwumAH42AajzxgeVuTn8Fe9gCLcBGAs/s640/jantungku.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-iRl3usLbRkc/W6xcGxLGeTI/AAAAAAAAAlo/LkrrumZNDPwumAH42AajzxgeVuTn8Fe9gCLcBGAs/s72-c/jantungku.jpg
Gadis dan Wanita
https://www.gadisdanwanita.com/2018/10/tips-hidup-lebih-lama-di-dunia.html
https://www.gadisdanwanita.com/
https://www.gadisdanwanita.com/
https://www.gadisdanwanita.com/2018/10/tips-hidup-lebih-lama-di-dunia.html
true
8043051713030035943
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy