5 Manfaat Sarapan Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Gadis dan wanita akan berbagi mengenai seberapa penting sih manfaat sarapan pagi buat kita? Sarapan pagi sangatlah penting, terutama untuk kesehatan tubuh

Hello sobat GnD, kita bakal berbagi mengenai seberapa penting sih manfaat sarapan pagi buat kita? Sebagian orang ada yang menganggap bahwa sarapan itu kurang penting, apalagi kalo uda keburu waktu, semisal aktivitas di pagi hari yang bisa aja telat kalo sarapan dulu. Hmm,, bahkan tidak sarapan pagi terkadang sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Wah, sayang sekali jika kita punya mindset seperti itu, karena banyak sekali manfaat lebih yang kita dapat jika kita teratur sarapan pagi untuk kesehatan.

Manfaat Sarapan Pagi Untuk Kesehatan

Kita pasti seringkali merasa lapar setelah bangun tidur malam hari, ya bukan??Kondisi itu pasti sering ditemui sebab faktanya energi terkuras habis saat tidur malam. Hmm, jangan salah dalam kondisi tidur pun kita masih membutuhkan energi. Bahkan, tidur malam delapan jam sudah bisa disamakan dengan masa berpuasa pada durasi yang sama. Dalam fase itu, tubuh tidak mendapat asupan masakan apa pun. Namun di sisi lain, beberapa organ tubuh seperti jantung, otak, pankreas, dan sistem pencernaan tetap bekerja.

5 Manfaat Sarapan Pagi Untuk Kesehatan

FYI nih sobat GnD, pemenuhan gizi paling memungkinkan yang dapat kita lakukan adalah melalui sarapan pagi. Aktivitas ini tidak boleh dianggap remeh loh sob, karena selain bisa mengembalikan energi tubuh yang terkuras selama tidur malam, manfaat sarapan pagi juga berpengaruh bagi kita dalam menjalani aktivitas seharian penuh. Bahkan, menurut Ulul sebagai praktisi kesehatan, sarapan memiliki korelasi positif dengan kinerja kognitif dan prestasi anak saat di sekolah. Kita tahu kan, bahwa kinerja kognitif ini sangat berhubungan dalam hal daya ingat, kemampuan memerhatikan pelajaran hingga konsentrasi saat di sekolah. Khusus untuk anak, jelas periode tidurnya lebih lama dibandingkan orang dewasa, sehingga tidak menutup kemungkinan akan menghabiskan cadangan glikogen selama tidur. Oleh karena itu, untuk menjaga kadar metabolisme yang lebih tinggi, maka sangat dibutuhkan asupan energi yang terus-menerus dari glukosa. Mengonsumsi sarapan kaya nutrisi tentu sangat penting untuk memberikan energi yang cukup di pagi hari, sehingga kinerja otak bisa maksimal.

Dari informasi inilah tentu kita tidak boleh meremehkan sarapan jika tidak ingin galfok,hehe. Yang mengkhawatirkan lagi, anak-anak yang tidak melakukan sarapan akan cenderung lamban dalam beraktivitas dan memiliki tingkat konsentrasi rendah. Tuh gak mau kan kalo buah hati tersayang tidak memiliki konsentrasi penuh dalam belajar, maka dari itu orang tua harus mulai membiasakan diri untuk menyiapkan sarapan pagi yang kaya nutrisi untuk anak. Dalam hal ini tentu bukan anak saja yang perlu sarapan pagi untuk kesehatan, namun orang dewasa pun penting melakukan aktivitas sarapan pagi untuk menopang segala aktivitasnya.

Kita sebaiknya menghindari diri untuk melewatkan Sarapan. Dan sarapan yang baik adalah sarapan bernutrisi. Lalu apas sih sob, sarapan bernutrisi itu?Menurut Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia, Prof. Hardinsyah mengungkapkan sarapan sehat bernutrisi setidaknya harus memenuhi dua puluh lima persen asupan gizi harian. Dan diantara yang dapat disebut sebagai sarapan bergizi, adalah makanan ataupun minuman harus mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air.

Terkait dengan hal asupan, merujuk pada pedoman “Isi Piringku”. Dalam teori ini dipatok satu piring mengandung porsi lima puluh persen buah-buahan atau satu per tiga, dan sayur-sayuran sebanyak dua per tiga. Kemudian yang terakhir, lima puluh persen berikutnya terdiri dari satu per tiga lauk pauk dan dua per tiga makanan pokok atau sumber karbohidrat. Namun pedoman “Isi Piringku” ini tetap bisa disesuaikan dengan usia. Nah berikut ini adalah manfaat-manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita membiasakan diri untuk sarapan pagi. Jika tidak mau dengan makanan berat, kita bisa mulai sarapan dengan makanan ringan praktis namun kaya nutrisi, misalnya rolade denga irisan sayu, dijamin mantab.

                           Manfaat Sarapan Pagi Untuk Kesehatan

  1. Membantu melindungi tubuh dari penyakit

Mengapa bisa begitu? Berdasarkan sebuah studi penelitian, LDL atau kadar kolesterol jahat pada wanita sehat yang tidak sarapan cenderung lebih tinggi dibandingkan mereka yang sarapan. Sebab, mereka yang membiasakan diri untuk sarapan cenderung mengkonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan. Yang bisa diperoleh dari manfaat sarapan pagi tentu bukan hanya itu saja. Risiko terkena penyakit diabetes dan penyakit jantung akan semakin rendah dengan membiasakan diri sarapan pagi setiap hari. Kalo buat wanita nih, kebanyakan kalo tidak sarapan malah bawaannya pengen nyemil terus, jelas itu malah tidak sehat. Jika cemilan yang dipilih ternyata gorengan atau makanan berlemak lainnya.
  1. Lebih fokus dalam beraktivitas

Manfaat sarapan pagi untuk kesehatan yang ke dua yaitu supaya lebih fokus dalam beraktivitas. Tetap fokus, titik itu, terus fokus, titik itu..hehe. Penting banget nih, kebiasaan sarapan pagi juga bisa membuat kita lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan pekerjaan di kantor ataupun sekolah karena perut sudah diisi. Jika kita tidak sarapan pagi untuk kesehatan, kemungkinan daya pikir Anda bisa menurun karena perut keroncongan, hehe.
  1. Meningkatkan mood

Manfaat sarapan pagi yang ke tiga yaitu bisa meningkatkan mood. Jika hari ini kita merasa lebih mudah kesal atau marah, hayyo coba cek apakah kita sudah sarapan atau belum? Jika belum, bisa jadi ini disebabkan karena perut lapar. Agar ini tidak terjadi, biasakan untuk memulai hari dengan sarapan, agar suasana hati lebih baik dan stres di pagi hari dapat diatasi. Asal bukan gak mood gegara tanggal tua ya..hehe
  1. Memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh

Tidak sarapan membuat kebutuhan harian tubuh akan vitamin dan nutrisi sulit untuk terpenuhi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang melakukan aktivitas sarapan lebih mungkin untuk memenuhi kebutuhan gizinya secara menyeluruh, baik itu asupan serat, kalsium, vitamin A, B, C dan vitamin lainnya yang dibutuhkan tubuh.
  1. Membantu menurunkan berat badan

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat sarapan pagi dengan menu yang sehat dapat membantu menurunkan berat badan. Tuh kan, tentu kaum hawa sangat mendambakan ini, jika ingin tubuh yang proporsional. Lalu kok bisa ya, sarapan bisa menurunkan berat badan. Alasannya adalah dengan sarapan, kita tidak akan terlalu lapar pada siang hari. Sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebihan pada saat makan siang dapat terhindarkan. Berbeda ketika kita tidak melakukan sarapan pagi. Jelas kita akan lebih mudah tergoda mengonsumsi makanan lain yang tinggi kalori namun tidak mengenyangkan.

Tuh kan sobat Gadis dan Wanita, banyak banget manfaat sarapan pagi untuk kesehatan yang bakal didapat, kalo kita membiasakan diri untuk sarapan. Apalagi buat anak-anak yang jam tidurnya lebih panjang dan masih butuh banyak nutrisi. So, mulailah gaya hidup sehat dari sekarang !!!

COMMENTS

Name

Berita,4,Bussines,3,fashion,2,health,11,Inspirasi,12,lifestyle,12,
ltr
item
Gadis dan Wanita: 5 Manfaat Sarapan Pagi Untuk Kesehatan Tubuh
5 Manfaat Sarapan Pagi Untuk Kesehatan Tubuh
Gadis dan wanita akan berbagi mengenai seberapa penting sih manfaat sarapan pagi buat kita? Sarapan pagi sangatlah penting, terutama untuk kesehatan tubuh
https://2.bp.blogspot.com/--h-uGUZvHTg/W-J_0MkE5tI/AAAAAAAAAqc/s4iOhT4nEMEb9vh2rzUTEAYv2eJYr861gCEwYBhgL/s640/roti.jpg
https://2.bp.blogspot.com/--h-uGUZvHTg/W-J_0MkE5tI/AAAAAAAAAqc/s4iOhT4nEMEb9vh2rzUTEAYv2eJYr861gCEwYBhgL/s72-c/roti.jpg
Gadis dan Wanita
https://www.gadisdanwanita.com/2018/11/manfaat-sarapan-pagi-untuk-kesehatan.html
https://www.gadisdanwanita.com/
https://www.gadisdanwanita.com/
https://www.gadisdanwanita.com/2018/11/manfaat-sarapan-pagi-untuk-kesehatan.html
true
8043051713030035943
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy