Selamat Hari Guru Nasional 25 November

Pada tanggal 25 November, Indonesia memperingati Selamat Hari Guru Nasional. Pemilihan tanggal tersebut juga tidak lepas dari sejarah panjang PGRI


Setiap tahun perayaan Hari Guru diperingati sebanyak dua kali yaitu perayaan Hari Guru Nasional dan perayaan Hari Guru Internasional. Peringatan Selamat Hari Guru Nasional inilah yang berbeda-beda penetapan tanggalnya disetiap Negara. Nah, tepat pada tanggal 25 November, Indonesia memperingati Hari Guru Nasional, kalau pada tanggal 24 oktober kemarin GnD telah bahas Hari Dokter Nasional. Pemilihan tanggal tersebut juga tidak lepas dari sejarah panjang.

Persatuan Guru Republik Indonesia.
Terpujilah wahai engkau Ibu Bapak Guru,
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua bhaktimu akan kuukir didalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku, tuk pengabdianmu...

Syair nan indah untuk pahlawan tanpa tanda jasa dalam bidang pendidikan, Guru. Yang menurut istilah tembung camboran Jawa “Guru”, digugu lan ditiru. Tentu hal tersebut bermakna setiap pembelajaran yang Guru berikan merupakan ilmu yang harus kita pahami dan terapkan dengan baik, dalam kehidupan sehari-hari. Kita pun pasti gemetar saat lagu hymne guru tersebut diperdengarkan jika sembari mengingat betapa besar jasa para guru-guru yang telah mencetak generasi emas penerus bangsa.


Selamat Hari Guru Nasional

Dua puluh empat tahun silam dari selamat hari guru nasional, melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 ditetapkan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Penetapan pendirian PGRI ini sekaligus ditetapkan sebagai Hari Guru Nasional yang kemudian ditegaskan kembali melalui UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Momentum Hari Guru Nasional ini tentu sebagai bentuk dukungan dan apresiasi terhadap jasa para guru-guru indonesia. Terlebih kaitannya untuk mendorong kualitas Guru Indonesia agar lebih baik sehingga mutu pendidikan negeri kita pun terus meningkat.

Jika dititik dari sisi historisnya, PGRI didirikan oleh tokoh-tokoh pendidikan Indonesia, diantaranya Rh. Koenan, Amin Singgih, Soetono, Djajeng Soegianto, Soemidi Adisasmito, Abdullah Noerbambang, dan Ali Marsaban. Namun PGRI pun memiliki sejarah panjang sebelum pada akhirnya pada 25 November 1994 dikukuhkan secara resmi. Pendirian PGRI bermula pada tahun 1912 terbentuklah sebuah perkumpulan yang memiliki nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB), sebab pada masa penjajahan Hindia Belanda lekat menjadi sebutan nama bagi Indonesia. Perkumpulan ini beranggotakan kepala sekolah, guru desa dan juga guru bantu.

Kemudian dalam perjalanannnya, para anggota pun memutuskan untuk mengubah nama PGHB menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI), yang membuat pemerintah Belanda merasa terkejut dikarenakan ada unsur nama Indonesia dalam organisasi tersebut. Hal itu dinilai menjadi ancaman bagi pemerintahan mereka. Tepat pada tahun 1932, perubahan nama tersebut dilakukan. Perkumpulan para guru ini pun  pada masa itu turut berjuang memerdekakan Indonesia. Hingga pada saat zaman pemerintahan Jepang di Indonesia PGI tidak lagi melakukan aktivitas dan organisasi ini pun dilarang.

Barulah saat Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, PGI mulai aktif kembali dengan menggelar Kongres Guru Indonesia untuk pertama kalinya, pada tanggal 24-25 November 1946 di Surakarta. Adapun hasil dari Kongres tersebut adalah untuk menghapuskan perbedaan suku, agama, ras, politik dan lain sebagainya agar dapat bergabung menjadi satu Indonesia. Nah sobat, di momen Hari Guru ini kurang pas rasanya kalo kita belum mengulas sedikit tentang kualitas pendidikan Indonesia saat ini, woww sudah sejauh mana ya?



World Bank menyebutkan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor penting guna menunjang perekonomian sebuah negara, tak terkecuali Negara Indonesia. Dan hal ini berarti agar tercipta SDM yang berkualitas, sektor pendidikan sangat penting untuk diperhatikan. Rodrigo A Chaves, Country Director of Director of The World Bank Indonesia menjelaskan terdapat beberapa langkah strategis untuk mendongkrak SDM melalui sektor pendidikan. Langkah pertama, dapat ditempuh melalui seleksi terhadap tenaga-tenaga pengajar di Indonesia. Pemerintah juga perlu melakukan kampanye kualitas pendidikan nasional secara berkala guna menciptakan kesadaran publik akan pentingnya pendidikan. Kemudian melengkapi mekanisme pembiayaan dalam hal pendidikan dengan cara transfer yang targetnya ditetapkan dengan baik dan berbasis kinerja untuk sekolah dan Kabupaten tertinggal

Menurut Arief yang telah dikutip oleh Eko dalam sebuah jurnal ilmiah menjelaskan, guru profesional selayaknya mempunyai enam elemen. Pertama (value), yaitu menjunjung tinggi nilai-nilai yang diyakininya dan terintegrasi dalam ucapan serta perilaku. Kedua (eitthic), yaitu guru yang telah mengikat diri dalam suatu lembaga selalu siap mengikuti aturan yang berlaku dalam lembaga tersebut. Ketiga, (attitude), yaitu menunjukkan sikap yang menyejukkan ketika bergaul dengan sesama individu dalam komunitasnya. Keempat (habit), yaitu memiliki kebiasaan yang positif untuk terus tumbuh, berkembang dan menjadi ahli di bidang yang digeluti. Kelima (knowledge), yaitu menguasai pengetahuan yang terkait tanggung jawab profesinya. Keenam (skill), yaitu mempunyai keterampilan yang mumpuni dalam menyelesaikan segala permasalahan yang menjadi tanggung jawabnya (MG, Mei 2016).

Upaya pemerintah terhadap peningkatan mutu pendidikan pun dilakukan dengan berbagai cara. Pemerintah mulai melakukan pembenahan dengan menaikkan alokasi anggaran pendidikan sebesar 20 (dua puluh) persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), wow angka yang cukup tinggi lur!! Perbaikan sarana dan prasarana pendidikan juga terus ditingkatkan. Dan yang tidak kalah penting adalah peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) pelaksana pendidikan yaitu guru-guru Indonesia kita tercinta. Nah salah satu pengembangan kualitas guru di Indoensia ini dilakukan melalui berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan.

Namun FYI aja nih sobat Gadis dan Wanita pada selamat hari guru nasional, data UNESCO dalam Global Education Monitoring (GEM) Report 2016 memperlihatkan, pendidikan di Indonesia hanya menempati peringkat ke-10 dari 14 negara berkembang. Sedangkan komponen penting dalam pendidikan yaitu guru menempati urutan ke-14 dari 14 negara berkembang di dunia. Kualitas pendidikan di Indonesia masih jauh dari memadai. Besarnya anggaran pendidikan pun tidak serta merta menjadikan kualitas pendidikan meningkat bila belum ditopang dengan kualitas guru yang baik.

Nah, pada momentum selamat Hari Guru Nasional ini semoga menjadi motivasi tersendiri bagi para guru Indonesia untuk selalu memperbaiki kompetensinya, mengupgrade kualitas mengajarnya, dan tentunya selalu semangat mencetak generasi penerus Bangsa yang berkarakter. Kita pun semisal belum berprofesi sebagai Guru di lembaga formal, juga harus bisa mengambil inspirasi dari kondisi sosial yang demikian, agar sebisa mungkin menjadi pribadi yang berkarakter digugu lan ditiru, minimal menjadi Guru bagi diri sendiri dan orang-orang sekitar yang kita sayangi. Terima kasih untuk Para Guru Indonesia, penerang dalam gulita..jasamu tiada tara...:)

COMMENTS

Name

Berita,4,Bussines,3,fashion,2,health,11,Inspirasi,13,lifestyle,12,
ltr
item
Gadis dan Wanita: Selamat Hari Guru Nasional 25 November
Selamat Hari Guru Nasional 25 November
Pada tanggal 25 November, Indonesia memperingati Selamat Hari Guru Nasional. Pemilihan tanggal tersebut juga tidak lepas dari sejarah panjang PGRI
https://2.bp.blogspot.com/-uzLh40E8APg/W_uQBhv05NI/AAAAAAAAArE/qBdro9CBceUGikoY2mbpwSgdaG3mDufEQCLcBGAs/s400/guruku.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-uzLh40E8APg/W_uQBhv05NI/AAAAAAAAArE/qBdro9CBceUGikoY2mbpwSgdaG3mDufEQCLcBGAs/s72-c/guruku.jpg
Gadis dan Wanita
https://www.gadisdanwanita.com/2018/11/selamat-hari-guru-nasional.html
https://www.gadisdanwanita.com/
https://www.gadisdanwanita.com/
https://www.gadisdanwanita.com/2018/11/selamat-hari-guru-nasional.html
true
8043051713030035943
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy