Masakan Indonesia Kaya Rasa !

Masakan Indonesia merupakan salah satu tradisi kuliner yang paling kaya di dunia, bukan hanya itu masakan Indonesia pun memiliki ci...




Masakan Indonesia merupakan salah satu tradisi kuliner yang paling kaya di dunia, bukan hanya itu masakan Indonesia pun memiliki cita rasa yang kuat tidak ada duanya. Jenis masakan yang bermacam-macam pun mencerminkan keberagaman tradisi nusantara dan budaya negeri kita.

Hampir seluruh masakan Indonesia kaya rasa dengan bumbu rempah-rempahnya, misalnya kemiri, cabai, temu, kencur, kunci, laos, kunyit, kelapa, gula aren dan masih bnayak lagi. Potensi rempah-rempah tersebut mengingatkan kita pada sejarah bangsa Indonesia yang menjadi primadona sebagai incaran negara Eropa berebut tanah jajahan karena ingin memonopoli rempah-rempah Indonesia. Wah luar biasa kan negeri kita yang kaya potensi ini, bahkan beberapa masakan Indonesia yang telah mendunia.

Pada dasarnya “masakan Indonesia” bukan merupakan bentuk tunggal, namun lebih kepada keanekaragaman makanan daerah yang dipengaruhi oleh kebudayaan Indonesia serta perpaduan pengaruh asing. Misalnya, beras yang diolah menjadi makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia, nmaun untuk Indonesia bagian timur lebih memilih sagu untuk menjadi alternatif makanan pokok daerahnya.



Menurut sumber yang dilansir dari wikipedia, jejak kuliner Indoensia sudah didapat dalam sejumlah prasasti abad ke-8 hingga abad ke-10 Masehi. Saat itu istilah boga telah dikenal, yaitu makanan yang berhubungan dengan dapur yang mana dibuat dengan sentuhan seni dan memberikan kenikmatan.Prasasti tersebut banyak ditemukan di Pulau Jawa dan Sumatera. Tetapi semakin ke Timur tidak banyak catatan sejarah yang ditemukan, dan bahannya makin homogen, yaitu sagu.
Letak geografis Indonesia yang berada pada posisi silang pun menjadi tempat strategis bagi berkumpulnya para pedagang dari India, Gujarat, China dan Timur Tengah. Sehingga adanya pedagang dari luar negeri pun turut berpengaruh pada keanekaragaman masakan Indonesia.

Contohnya masakan Sumatera seringkali menampilkan pengaruh Timur Tengah dan India, seperti penggunaan bumbu kari pada hidangan daging dan sayurnya. Sedangkan unsur budaya masakan China dapat kita cermati di beberapa masakan Indonesia seperti bakmi, lumpia, dan bakso yang telah terserap dalam seni masakan Indonesia. Nah berikut ini rahasia Masakan Indonesia yang Kaya Rasa !

Bumbu
Kepulauan Maluku dikenal sebagai “Pulau Rempah-Rempah” Indonesia di maata dunia, sebab kepulauan Maluku menyumbangkan tanaman rempah asli bagi seni kuliner dunia. Bumbu yang terdiri dari rempah-rempah seperti kapulaga, pala, cenkeh, laos adalah tanaman asli Indonesia. Sedangkan lada hitam, kayu manis, sereh, bawang merah, dan kunyit diperkenalkan dari India sama halnya dengan bawang putih, daun bawang, dan jahe yang diperkenalkan dari China. Sehingga tanaman bumbu dari benua asia ini telah berkembang sejak zaman dahulu dan hingga kini menjadi bagian integral dari seni kuliner nusantara.

Santan
Indonesia terletak di kawasan beriklim tropis, maka sejak dahulu masyarakat Indonesia sudah memanfaatkan berbagai kekayaan tanaman tropis seperti kelapa. Salah satu ciri khas masakan Indonesia adalah banyak memakai santan, seperti coto, rendang, opor ayam, sayur lodeh, serta minuman ringan seperti cendol dan es doger Santan tidak hanya milik masakan Indonesia, karena santan juga dikenal dalam seni memasak Thailand, India, Malaysia, Filiphina hingga Brazil. Meskipun demikian penggunaa santan kerap digunakan dalam masakan Indonesia, terutama pada masakan padang, sementara pada masakan Minahasa, santan jarang digunakan dalam masakan, kecuali beberapa kue.

Santan pun memiliki dua jenis dalam penyajian masakan Indonesia, yaitu santan encer, dan santan kental. Perbedaan ini berdasarkan kadar air yang dikandungnya. Santan encer sering digunakan untuk sayur berkuah seperti coto dan lodeh, sementara santan kental digunakan untuk rendang, dan aneka penganan ringan dan kue. Santan dapat diperoleh dari parutan kelapa segar di pasar atau dalam kemasan karton di pasar swalayan.

Keanekaragaman masakan Indonesia yang kaya rasa ini membuat beberapa jenis hidangan asli Indonesia dapat kita temukan di beberapa negara. Luar biasa bukan, ingin lihat apa saja masakan Indonesia yang mendunia? baca artikel Gadis dan Wanita pada artikel selanjutnya.

COMMENTS

Name

Berita,4,Bussines,3,fashion,2,health,11,Inspirasi,18,lifestyle,15,
ltr
item
Gadis dan Wanita: Masakan Indonesia Kaya Rasa !
Masakan Indonesia Kaya Rasa !
https://3.bp.blogspot.com/-lIpdKQlnDO0/XCOwYaYkSFI/AAAAAAAAAhM/DoADa5lYbQogPTICYXfDUjOJ3XB3cyPWACLcBGAs/s1600/3.PNG
https://3.bp.blogspot.com/-lIpdKQlnDO0/XCOwYaYkSFI/AAAAAAAAAhM/DoADa5lYbQogPTICYXfDUjOJ3XB3cyPWACLcBGAs/s72-c/3.PNG
Gadis dan Wanita
https://www.gadisdanwanita.com/2018/12/masakan-indonesia-kaya-rasa.html
https://www.gadisdanwanita.com/
https://www.gadisdanwanita.com/
https://www.gadisdanwanita.com/2018/12/masakan-indonesia-kaya-rasa.html
true
8043051713030035943
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy